Breaking News
You are here: Home / Campus / Menristekdikti Resmikan Groundbreaking Gedung IDB 7 in 1 Project UNTAN

Menristekdikti Resmikan Groundbreaking Gedung IDB 7 in 1 Project UNTAN

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak., meresmikan Groundbreaking Pembangunan Gedung Baru, Infrastruktur, dan Fasilitas Pendukung di Universitas Tanungpura (UNTAN), Pontianak, Kalimantan Barat, yang didanai IDB (Islamic Development Bank) dalam Proyek 7 in 1. Groundbreaking dilaksanakan pada hari Senin (31/07/2017). Kegiatan road show Menteri Nasir dari realisasi proyek 7 in 1 di UNTAN ini didampingi oleh oleh Rektor UNTAN, Walikota Pontianak, Sesdirjen Belmawa serta jajaran Pejabat Eselon II di lingkungan Kemenristekdikti.

Rektor UNTAN, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA dalam sambutannya mengatakan bahwa nantinya akan dibangun 5 Gedung Baru yang diharapkan mampu menjadi salah satu infrastruktur penting dalam peningkatan layanan pendidikan bermutu di UNTAN. Kelima gedung tersebut, antara lain: Library Building, Multipurpose Building, Classroom A & B, Laboratory Building dan Site Development. Dalam kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Rektor UNTAN sebelumnya, yakni: Prof. Asniar dan Prof. Chairil Effendy yang telah mengawali pelaksanaan proyek 7 in 1 ini pada masanya.

Proyek 7 in 1 dilaksanakan merata bagi 7 (tujuh) Perguruan Tinggi yang tersebar di wilayah Indonesia, yaitu Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Universitas Lambung Mangkurat (ULM), dan Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Menristekdikti berharap dengan program ini dapat membantu proses pendidikan di perguruan tinggi dan menciptakan lulusan yang berkualitas. “Penyebaran merata 7 in 1 ini guna bersinergi, berkembang bersama-sama menyusun program pembangunan dan pengembangan SDM,” ungkapnya. Prof. Nasir menjelaskan bahwa keragaman wilayah menjadikan pengembangan setiap universitas berbeda-beda dan unik sesuai dengan renstra perguruan tinggi. “UNTAN diharapkan dapat mendukung pengembangan Koridor Kalimantan, salah satunya sebagai pusat pertambangan dan sumber daya energi,” Bapak Menteri.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Groundbreaking Pembangunan Graha UNTAN yang nantinya akan difungsikan sebagai Rumah Dinas Rektor. Pembangunan fisik Graha ini sepenuhnya adalah hibah dari Pemerintah Kota Pontianak. Walikota Pontianak, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum menjelaskan bahwa sebagai institusi pendidikan tinggi, UNTAN melalui lulusan dan sumber daya manusia yang ada telah berkontribusi serta berperan aktif dalam pembangunan kota. Kolaborasi yang baik ini diharapkan dapat terus berjalan baik dan berlanjut demi kemajuan Kota Pontianak dan Kalimantan Barat pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. (RD)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top