Breaking News
You are here: Home / Campus / UNTAN Terpilih dalam “Brill’s Adopt a Library Program”

UNTAN Terpilih dalam “Brill’s Adopt a Library Program”

PONTIANAK, thamrinusman.untan.ac.id – Brill, The International Scholarly Publisher telah memilih Perpustakaan Universitas Tanjungpura (UNTAN) sebagai bagian dari “Brill’s Adopt a Library Program”. Tahun lalu, Indonesia menjadi Tamu Kehormatan pada Frankfurt Book Fair yang mengambil tema: “Imagining 17.000 Islands” yang kemudian memilih Kalimantan Barat, Indonesia sebagai salah satu pulau yang mendapatkan manfaat dari program adopsi.

Salah satu bentuk dari “Brill’s Adopt a Library Program” adalah hibah buku akademik yang meliputi berbagai bidang, antara lain: Humaniora, Ilmu Sosial, Hukum Internasional dan Biologi. Setiap tahun, Brill mendonasikan koleksi buku-buku pilihan kepada satu atau beberapa perpustakaan di negara-negara berkembang.

DSC_8013Serah terima “Brill’s Adopt Library Program” kepada Rektor UNTAN telah dilakukan secara simbolis pada hari Rabu, 10 Agustus 2016 di Gedung Rektorat UNTAN Lt. 3, yang dilanjutkan dengan Workshop Publikasi Akademik bertajuk “Mempublikasikan Hasil Riset di Jurnal Ilmiah Internasional”. Workshop ini dihadiri sekitar 150 orang peserta yang berasal dari kalangan Dosen dan Mahasiswa UNTAN dengan menghadirkan pembicara: Ibu Liesbeth Kanis (Asia Business Development Manager Brill) dan Ibu Dr. Susi Moeimam (Penulis pada Brill Publisher dan Book review editor of the Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh Brill bekerjasama dengan the Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies serta editor pada jurnal Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia yang diterbitkan oleh Fakultas Humaniora, Universitas Indonesia bekerjasama dengan Brill).

DSC_2025

Rektor UNTAN, Prof. Thamrin Usman menyampaikan terima kasih atas dukungan Brill Publisher terhadap pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Semoga  ini merupakan awal dari kerjasama antara Brill Publisher dan Universitas Tanjungpura.

Ibu Liesbeth Kanis, selaku penanggungjawab Brill’s Developing Countries Program, merasa senang bermitra dengan Universitas Tanjungpura, “Kami sangat ingin membangun hubungan dengan universitas yang sedang berkembang dan berpikir kedepan ini. Universitas Tanjungpura telah memiliki kolaborasi Internasional dan dengan aktif mendukung civitas akademika untuk membuat publikasi Internasional. Kami berharap hibah buku, diantaranya mengenai Hukum Internasional dan Biologi khususnya ekologi, keanekaragaman hayati dan kehutanan dapat mendukung kegiatan penelitian maupun pengabdian pada masyarakat”.

Selanjutnya, Dr. Susi Moeimam, merasa bahagia mendukung usaha Universitas Tanjungpura untuk meningkatkan jumlah publikasi akademik pada jurnal terakreditasi. “Dengan menginformasikan kepada akademisi Indonesia mengenai persyaratan untuk publikasi secara Internasional diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal terakreditasi dan mendukung penyebaran hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Indonesia secara luas bagi pembaca internasional”.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Liesbeth Kanis, Brill’s Business Development Manager Asia (+65-82981548 / [email protected]) atau International Affairs, Universitas Tanjungpura (+62-561739630 / [email protected]). Untuk mendapatkan informasi mengenai Brill’s Developing Countries Program dan Brill’s Adopt a Library dapat mengunjungi Brill’s Developing Countries Program.

DSC_7937DSC_7942

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top