Breaking News
You are here: Home / Achievement / UNTAN Menuai Sukses di TICBE 2013

UNTAN Menuai Sukses di TICBE 2013

PONTIANAK, THAMRINUSMAN.com – Tak lama berselang dengan kegiatan Trans Java-Bali Biodiesel Expedition 2012 yang diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura (UNTAN) melalui tim ekspedisi biodiesel yang dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Mohammad Nuh, di tahun 2013 UNTAN kembali turut serta dalam kegiatan kompilasi ekspedisi, riset energi baru/terbarukan, sosial dan budaya dalam Trans Indo-China Bioenergy Expedition 2013 (TICBE 2013). Keikutsertaan UNTAN yang keempat kalinya yang bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru ini adalah untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dalam rangka upaya transformasi energi Indonesia di masa depan yang lebih baik.

4Sesuai tema “New and Renewable Energy For Better Future”, UNTAN ikut serta dalan  ekspedisi ke 6 negara dengan tujuan advokasi, sosialisasi dan aplikasi energi baru/terbarukan bertaraf Internasional di ASEAN dan China. Tim TICBE 2013 UNTAN ini terdiri atas 21 mahasiswa terpilih yang dibentuk sejak bulan November 2012. Keikutsertaan UNTAN tentunya karena dukungan penuh  pihak Universitas, Pemerintah Kota Pontianak, serta pihak-pihak sponsor baik dari instansi pemerintah maupun swasta.

Kegiatan berwawasan energi dan lingkungan ini juga dilatarbelakangi oleh kepedulian dan sikap tanggung jawab generasi muda akan energi masa depan bumi dengan melakukan berbagai aktivitas penelitian dan pengembangan/aplikasi energi baru/terbarukan. Sebelumnya, tim TICBE 2013 UNTAN ini telah menggelar Lomba Karya Ilmiah Nasional Extraordinary Project of New and Renewable Energy. Pemenang lomba, yakni: Alvi dan Tajuddin dari Universitas Negeri Surabaya juga ikut serta bersama tim UNTAN mewakili Indonesia dalam ekspedisi ini.

1Kegiatan sosial bertajuk “We Care ASEAN” merupakan bentuk kepedulian sesama umat muslim serumpun ASEAN yang coba dibangun oleh mahasiswa kepada penduduk muslim minoritas di desa Prik Pra, Kamboja dengan memberikan paket bingkisan Ramadhan. Sebagian besar penduduk desa ini berusia sekitar 60 tahun dengan kondisi tempat tinggal bangunan yang cukup memprihatinkan. Momen Ramadhan pada ekspedisi ini menjadi begitu bermakna dengan saling berbagi. Adapun kegiatan “We Care ASEAN” ini juga digelar di Vietnam, tepatnya di kota Ho Chi Minh kepada penduduk muslim minoritas disana. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan TICBE 2013 di Kamboja, digelar pula kegiatan riset, sosialisasi bioenergi/seminar, roadshow serta pertunjukan budaya di International Institute of Cambodia, Phnom Penh.

2Rangkaian agenda TICBE 2013 masih berlanjut. Sesampainya di negara China, tim UNTAN berkesempatan untuk unjuk kebolehan sebagai pembicara dalam International Seminar of Bioenergy di Guangxi University for Nasionalities (GXUN), Naning-China. Kerjasama antara UNTAN dan GXUN ini tidak hanya dalam pendirian Pusat Bahasa Mandarin maupun bidang pertanian di UNTAN beberapa waktu lalu, tapi juga diperluas untuk kerjasama dalam bidang bioenergi. Tim UNTAN tampil percaya diri dalam mensosialisasikan hasil riset bioenergi yang telah dilakukan maupun diaplikasikan. Selama ini, UNTAN telah mengembangkan penelitian/riset energi baru dan terbarukan, yakni: biodiesel, biogas, bioetanol dan sel surya. Suasana ilmiah dan diskusi akrab begitu melekat dalam kegiatan seminar kali ini. Seminar yang dilaksanakan di provinsi yang berbatasan langsung dengan Vietnam ini diakhiri dengan pertunjukan budaya dari GXUN (China), UTM (Malaysia) dan UNTAN (Indonesia).

3Dalam rangkaian kegiatan di GXUN, tim ekspedisi juga dipersilahkan mendalami sejarah dan prestasi GXUN sebagai Universitas terbesar di kota Naning. Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama komunitas muslim di salah satu masjid yang terletak di jantung kota Naning. Setelah melaksanakan kegiatan di China, tim ekspedisi bertolak ke Laos untuk menggelar rangkaian kegiatan TICBE 2013 di National University of Laos, yang dilanjutkan dengan kegiatan closing ceremony TICBE 2013 di Bangkok, Thailand. Tentunya dalam ekspedisi ini telah terukir pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh tim ekspedisi yang diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus bergerak nyata untuk bioenergi sebagai sumber energi masa depan.

Keikutsertaan UNTAN dalam TICBE 2013 tak terpisahkan dari pihak-pihak yang penuh ketulusan mendukung dan membantu. Oleh karena itu, UNTAN mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak sponsor TICBE 2013: DIKTI KEMDIKBUD RI, Pemerintah Kota Pontianak, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Kabupaten Sambas, PTPN XIII, Bank Kalbar, Honda, TIKI, PT. Alas Kusuma, COMDEV, Pontianak Post, Tribun Pontianak, TVRI Kalbar, Khatulistiwa TV, serta pihak-pihak yang telah membantu kesuksesan kegiatan ini yang tak bisa disebutkan satu persatu. Jaya UNTAN, Jaya Energi Indonesia!

Salam Penuh Energi! – Tim Trans Indo-China Bioenergy Expedition 2013 UNTAN

Source by: Primana Rullyant Hanif / Editor by: Ridho Brilliantoro

About admin

One comment

  1. sakses dan jaya terus untan di ajang penelitian 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top